The story is very unique! Wait, hang on there …

Hari ini (sedikit curhat, boleh ya?) saya teringat kejadian, buku yang saya sunting diberikan feedback oleh tim penilai. Beliau mencoret kata Very Unique di salah satu bab naskah. Saya (plus penulisnya) bingung. Masalahnya, saya tidak bisa bertanya mengapa dua kata itu dicoret. Mungkinkah Unique itu tidak boleh ditambahkan very? Sebagai dummy editor, saya cek kamus Merriam Webster. Dan benar saja, arti dalam kata unique sendiri sudah mengandung kata extreme. Jadi, kenapa harus ditambah very lagi? Jatuhnya jadi hiperbola, nanti. Hehehe…

Setelah mencari info ke sana kemari, akhirnya saya dipertemukan dengan extreme/non-gradable/absolute adjectives yang super mandiri, tidak memerlukan pertolongan modifier semacam very, extremely, a bit, dan quite. Dengan kata lain, kata sifat jenis ini tidak bisa diubah bentuknya ke dalam comparative atau superlative.

Berikut ini saya daftar beberapa kata sifat yang independen itu. Mudah-mudahan kesalahan saya ini tidak diulang oleh orang lain. Cukup! Cukup saya saja! (Kamu sehat, Debs?)

  1. absolute = very great
  2. amazing = extremely surprising
  3. ancient = from a very long tim
  4. awful = extremely unpleasant
  5. brilliant = very good
  6. complete = very great
  7. correct
  8. enormous = extremely large
  9. equal
  10. excellent = extremely
  11. false
  12. favorite = best liked atau most enjoyed
  13. freezing = very cold
  14. furious = extremely angry
  15. gigantic = extremely large
  16. gorgeous = extremely large
  17. hilarious = extremely funny
  18. horrible = very unpleasant
  19. huge = extremely large
  20. incredible = very difficult to believe
  21. inferior
  22. perfect = the best ppossible type
  23. possible
  24. terrible = very unpleasant
  25. terrifying = very frightening
  26. tiny = extremely small
  27. true
  28. ultimate = most extreme/important
  29. unique
  30. unknown
  31. wonderful = extremely good

Mungkin, kamu akan bilang, “Ah, gak seru dong kalo ga pake modifier?”

Tenang, tenang. ‘Sahihly’ said by BritishCouncil.org kita masih bisa memakai adverbs completely dan absolutely untuk kata sifat yang ekstrem ini. Buktinya boleh dilihat di sini.

Lalu, kamu akan bertanya, “Gimana kalo pakai really?”

Nah, spesial untuk really, kata ini bisa digunakan untuk adjektiva ekstrem atau tidak.

Kamu lagi, “Daftar katanya segitu doang, tuh?”

Sayangnya, tidak. Masih banyak kata sifat yang termasuk ke dalam kategori kata sifat ekstrem. But, worry not! Selama kita punya kamus, kenapa kita harus bingung? Sebelum memutuskan untuk menggunakan modifier, cek saja artinya biar pasti.

Terakhir, kamu bertanya, “Yaa.. kalo ditulis sih, iya.. kita bisa lihat kamus dulu. Kalo lagi ngomong?”

Sekali lagi, worry not! Kan ada really yang bisa berlaku untuk gradable maupun non-gradable adjectives! Jadi, untuk cari aman, gunakan saja really.

Sekian untuk pengakuan dosa hari ini. Terima kasih bapak penilai yang keren dan pintar, sudah menjadi jalan motivasi untuk saya belajar. Semoga ilmu yang bapak miliki semakin luas, dan bisa disebarluaskan lebih luas. Hehe..

Jika ada yang tidak sesuai dalam postingan saya, boleh didiskusikan, ya.. because I’m just a dummy editor.. and still learning!

Salam dari Bandung.

Wassalamu’alaykum.

Debs 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s